Cara Menambahkan File Word, Excel, PPT maupun PDF ke Blog

1. Silahkan Login ke  https://drive.google.com/  dengan akun gmail







2. Kemudian klik Baru untuk mengupload file


  


3. Pilih file yang akan di Upload, tunggu sampai proses Upload selesai
4. Jika sudah selesai, klik file yang sudah di upload tersebut
5. Kemudian klik file tersebut, lalu klik Bagikan








6. Maka akan muncul Sharing Settings pilih Dapat Komentar, klik Lanjutkan





7. Pada pilihan Siapa yang bisa mengakses file tersebut, klik Ubah pilih Aktif-Siapa saja orang yang memiliki tautan, klik Simpan







8. Copy link yang ada pada Tautan Berbagi ke Notepad







9. Login ke Blog
10. Klik Entri Baru 
11. Silahkan buat postingan, untuk menambahkan file, klik tab Edit HTML bukan Compose




12. Copy script berikut pada edit HTML :
    <iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=(paste disini)&pid=explorer&chrome=false&embedded=true" width="800" height="800"></iframe>

13. Pada tulisan paste disini letakkan link yang kita copy dari Google Drive tadi khusus untuk yang berwarna biru saja :
https://drive.google.com/file/d/0B5LibGNeKaUEdmlaYXZGOGpOaFU/view?usp=sharing


14. Sehingga menjadi :
<iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=0B5LibGNeKaUEdmlaYXZGOGpOaFU&pid=explorer&chrome=false&embedded=true" width="800" height="800"></iframe>




15. Kemudian Publikasikan Postingan


16. Silahkan Lihat Hasilnya. Selesai




Komentar